Merawat Rambut Wanita Berhijab.
Merawat Rambut Wanita Berhijab.

Drelinani.com, Bagi wanita muslim menutup aurat adalah sebuah kewajiban, menggunakan hijab adalah salah satunya. Menutup area kepala dan hanya menampilkan wajah saja, sehingga rambut setiap harinya akan terbungkus hijab dan tentunya perawatan berbeda. Merawat rambut wanita berhijab gampang-gampang susah, karena perlu kedisiplinan dan cara yang tepat untuk merawatnya.

Merawat Rambut Wanita Berhijab.
Merawat Rambut Wanita Berhijab.

Salah satu hal yang biasanya dialami wanita berhijab adalah rasa gerah dan berkeringat di area kepala, sehingga hal tersebut menyebabkan gatal. Namun jika kita dapat merawat rambut dengan tepat hal tersebut bukanlah sebuah masalah yang harus kamu hadapi.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut untik wanita berhijab.

Rajin Keramas dan Membersihkan Rambut

Hijab dapat melindungi rambutmu dari polusi dan panas. Akan tetapi, rambut akan menjadi berminyak dan lembap karena terus-menerus ditutupi hijab. Maka, agar rambutmu tidak berminyak dan rontok, kamu harus rajin untuk membersihkan rambutmu.

Selalu Mengubah Ikatan Rambut

Banyak wanita yang menggunakan kuncir kuda atau konde dibawah hijab mereka karena lebih gampang. Jika terlalu sering menggunakan model kunciran seperti ini, rambutmu akan rontok karena terus-menerus terikat. Untuk menghindari kerontokan, sering-seringlah mengganti model kunciran agar rambut tidak semakin rusak.

Pakai Hijab Ketika Rambut Kering

Sebelum memakai hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering. Ini penting karena rambut yang basah biasanya lebih rentan patah. Jika kamu sedang terburu-buru, lebih baik pakai kerudung berbahan satin dan tidak mengikat rambutmu. Ini ditujukan agar rambut dapat bernafas dan kering dengan sendirinya, cara merawat rambut wanita berhijab yang satu ini paling sederhana.

Hindari Menarik Rambut Terlalu Keras

Menarik rambut terlalu keras dapat membuat rambut menjadi rentan untuk rontok. Perawatan bahkan bisa dimulai saat kamu sedang di rumah. Jika rambutmu menjadi lepek, maka kamu bisa menggunakan jarimu untuk mengurut kulit kepala. Selain itu, kamu juga bisa dengan rutin merubah belahan rambut untuk mengatasi rambut yang lepek.

Mengubah Cara Mengikat Rambut

Saat kamu mengikat rambut, lebih baik untuk membelah rambutmu menjadi dua daripada tanpa belahan dan menarik semua rambutmu ke belakang. Ini karena mengikat rambut ke sebelah dapat mengurangi rasa sakit dan dapat mengurangi kerontokan. Alternatifnya, kamu bisa mengepang rambutmu dengan santai dan hindari penggunaan karet atau ikat rambut lain yang dapat merusak rambut.

Begitu sampai rumah, jangan lupa untuk langsung melepas hijabmu karena rambut yang terikat karena rambut sudah tertarik selama kamu memakai hijab. Jangan lupa untuk mengikatnya rambut dengan lebih santai saat di rumah, karena rambutmu akan rapuh ketika terus diikat.

Lakukan Deep Conditioning

Kamu juga harus sering melakukan deep conditioning agar rambutmu ternutrisi, menjadi lebih kuat dan sehat. Jika kamu membeli deep conditioner yang berada di toko, pastikan kamu keramas dulu. Kamu juga bisa menggunakan deep conditioner yang bisa dibuat sendiri dengan campuran minyak zaitun, minyak wijen dan lain-lain. Jika deep conditioner yang kamu pakai buatan rumah, aplikasikan langsung kepada rambut yang kering.

Memotong Ujung Rambut

Seringlah memotong ujung rambutmu, agar rambut lebih sehat. Ini karena ketika rambutmu sering diikat, ujung-ujung rambut kemungkinan akan rusak. Selain itu rambut akan bercabang, jika rambut bercabang itu tidak di potong dengan teratur, tentunya akan merusak rambut kamu secara keseluruhan.

Merawat Rambut Wanita Berhijab.
Merawat Rambut Wanita Berhijab.

Nah itulah cara merawat rambut wanita berhijab, agar rambut tetap sehat meskipun kita beraktivitas sehari-hariĀ  menggunakan hijab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here