Drelinali_macam-macam-gangguan-jiwa-dan-penyebabnya

drelinani.com, Mungkin kita sering menganggap orang yang memiliki gangguan jiwa itu orang yang berpakaian compang-camping di jalanan, dengan badan penuh kotoran dan prilaku tidak normal. Namun ternyata gangguan jiwa memiliki banyak jenisnya, oleh karena itu kita akan membahas tentang macam-macam gangguan jiwa dan penyebabnya agar kita lebih mengerti dengan hal tersebut.

Gangguan jiwa termasuk kepada gangguan kesehatan, gangguan ini memperngaruhi pola pikir, prilaku dan interaksi kepada orang lain di sekitar. Berikut ini adalah macam-macam gangguan jiwa yang biasanya umum terjadi.

Gangguan Kecemasan

Orang yang mengalami gangguan kecemasan sering kali berpikir dan berperilaku berbeda dengan orang lain, mereka lebih cenderung takut kepada situasi tertentu atau takut kepada benda. Biasanya orang yang mengalami gangguan kecemasan akan memiliki detak jantung yang cepat, lemas, berkeringat dingin, cemas dan gelisah pada suatu objek.

Gangguan Kepribadian

Gangguan jiwa yang lain adalah memperngaruhi kepribadian, orang yang mengalami masalah kepribadian akan memiliki pola piker sendiri yang berbeda dengan orang lain. Selain itu prilaku dari orang yang mengalami gangguan kepribadian sangat berbeda dengan orang lain, sehingga sering kali mereka memisahkan diri atau di jauhi.

Gangguan Psikotik

Gangguan jiwa yang satu ini memiliki beberapa pemikiran yang tidak normal, sering mendengar hal-hal yang tidak di dengar orang lain dan dapat melihat hal yang tidak dapat di lihat orang lain. Biasanya orang yang megalami gangguan jiwa jenis ini sering berhalusinasi, padalah apa yang di dengar dan di lihat di ciptakan oleh pikiran kita sendiri.

Gangguan Suasana Hati

Macam-macam gangguan jiwa dan penyebabnya ini dapat bermanfaat untuk kamu, karena gangguan jiwa yang satu ini cukup unik yaitu gangguan suasana hati atau sering di sebut Penyakit Bipolar Disorder. Gangguan jiwa yang satu ini dapat membuat penderitanya merasa senang kemudian berubah menjadi sedih dengan drastic, begitu juga sebaliknya sehingga penderitanya lebih terlihat normal.

Gangguan Pengendalian Impuls Dan Kecanduan

Gangguan yang satu ini menyebabkan penderitanya memiliki sifat yang mendorong untuk melakukan aktivitas yang berbahaya, misalnya sifat kleptomania dan pyromania. Selain itu orang yang kecanduan akan berbagai hal seperti narkoba, seks dan hal lainya yang berlebihan.

Gangguan Obsesif Kompulsif

Gangguan yang satu ini menyebabkan orang yang mengidapnya memiliki obsesi yang berlebihan pada 1 objek, sehingga terkadang cukup berbahaya kepada orang yang di sekitarnya. Misalnya orang yang mengidap gangguan obsesig kompulsif terobsesi pada 1 orang, jika obsesinya tidak terpenuhi mereka akan melakukan hal nekat untuk memenuhi obsesinya.

Gangguan Stres Pasca Trauma

Gangguan jiwa yang terakhir adalah gangguan jiwa yang di sebabkan oleh trauma yang mendalam, gangguans seperti ini banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Kerasnya kehidupan dan berbagai macam factor dapat dengan mudah menciptakan gangguan jiwa jenisĀ  ini, sehingga butuh dukungan lebih untuk membantu orang yang memiliki gangguan jiwa yang satu ini.

Penyebab dari berbagai gangguan jiwa pada dasarnya memiliki persamaan namun ada juga beberapa perbedaan khusus, oleh karena itu kita kan memberikan beberapa penyebab gangguan jiwa yang umum.

  • Faktor Genetik seperti bawaan lahir dan factor keturunan dari keluarga yang pernah mengalami gangguan jiwa
  • Stres akan suatu masalah sehingga menjadi awal dari beberapa gangguan jiwa
  • Memiliki trauma yang mendalam seperti pelecehan seksual Dan kehilangan orang terdekat.
  • Faktor kecelakaan yang menyebabkan cedera otak yang berat
  • Penggunaan obat-obatan terlarang.
  • Ibu hamil yang terpapar bahan kimia dan virus juga dapat meyebabkan kandungan kelainan.

Nah itulah macam-macam gangguan jiwa dan penyebabnya, namun jika kita memiliki anggota keluarga atau teman yang memiliki gangguan jiwa di atas dukunglah dan jangan menjauhinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here