drelinali_macam-macam-gangguan-psikologis

drelinani.com, Sadar atau tidak gangguan psikologis ada di sekitar kita, tentu saja kita patut mewaspadai dan antisipasi jika kita menemukan orang terdekat atau orang lain yang terkena masalah gangguan psikologis itu. Oleh Karena itu kita akan memberikan beberapa informasi tentang macam-macam gangguan psikologis yang biasanya umum terjadi, agar kita dapat menyikapi orang yang memiliki gangguan psikologis di sekitar kita dengan baik dan benar.

Karena mau bagaimanapun orang yang terkena gangguan psikologis harus segera disembuhkan dan di dukung penuh oleh orang terdekat, jangan sampai kita menjauhi orang-orang yang terkena gangguan psikologis tersebut.

Berikut ini adalah macam-macam gangguan psikologis yang mungkin kamu perlu mengetahuinya, dengan begitu kamu memiliki banyak informasi tentang masalah gangguan psikologis ini.

Fetisisme

Fetisime adalah saah satu gangguan psikologis yang menyangkut seksualitas, orang yang memiliki gangguan psikologis fetisisme tidak akan puas dengan aktivitas seks yang normal pada pasanganya. Biasanya mereka terobsesi pada beberapa bagian tubuh atau benda yang menurutnya menambah kenikmatan dalam seksualitas, namun jika fetisime sudah terlalu serius penyimpangan tersebut dapat berbahaya untuk dirinya dan orang sekitar.

Bipolar Disorder

Orang yang mengalami gangguan psikologis bipolar disorder akan memiliki perubahan suasana hati yang drastis, penderitanya dapat sangat ceria dan sangat bahagia. Namun hal tersebut dapat berubah secara drastis menjad sebaliknya, orang tersebut akan memiliki perasaan negatif, sedih, tiba-tiba menangis dan terkadang sering marah-marah. Gangguan psikologis ini cukup banyak kita temua, hal tersebut di sebabkan oleh beberapa factor di antaranya adalah trauma yang mendalam, deperesi, stress dan factor lainya yang menyerang mental si penderita.

Anti Social Personality Disorder

Gangguan psikologis selanjutnya adalah anti social personality disorder atau dapat di singat menjadi ASPD, orang yang memiliki gangguan psikologis ini cenderung tidak bersosialisasi dengan sekitar. Biasanya mereka akan selalu menyendiri, tidak percaya diri, merasa dirinya tidak cocok berada di lingkungan dan bergaul. Penderita lebih suka menyendiri mengurung diri di kamar dan melakukan aktivitas tanpa orang lain.

Skizofrenia

Orang yang mengalami gangguan psikologis ini akan sering berhalusinasi dan delusi, sehingga menyebabkan perubahan prilaku yang menyimpangĀ  pada penderitanya. Penderita akan sering melihat beberapa wujud atau hal yang tidak bisa orang normal lihat, dan dapat mendengar suara-suara yang tidak terdengar oleh orang normal.

Pedophilia

Macam-macam gangguan psikologis yang selanjutnya adalah pedophilia, seperti kita tahu pedophilia adalah gangguan di mana penderitnaya sangat menyukai anak kecil. Menyukai dalam hal ini adalah konteks yang negative, karena mereka mengincar anak-anak di bawah umur untukĀ  melampiaskan nafsu seksualnya. Sangat miris memang mengingat akhir-akhir ini kasus tersebut sering terjadi, sehingga sekarang hal ini menjadi perhatian khusus.

Obsesive Compulse Disorder

Orang yang memiliki gangguan psikologis yang satu ini adalah penderitanya memiliki pemikirian yang obsesif dan sebuah tindakan kompulsif, yang artinya penderita dapat sangat terobsesi akan suatu hal sehingga berani melakukan tindakan yang di luar batas. Tentu saja gangguan psikologis ini jika tidak di tangani dengan serius akan sangat berbahaya, oleh karena itu perlu penanganan khusus agar si penderita tidak sampai terlewat batas.

Nah itulah macam-macam gangguan psikologis yang umum kita temukan, jika kita telah mengetahui informasi di atas pastikan kamu lebih bijak dalam menangani orang yang memiliki gangguan jiwa. Karena orang-orang yang memiliki gangguan pskologis itu perlu dukungan dan dirangkul, bukan di jauhi dan di anggap sebagai orang yang gila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here