drelinani.com, Penyakit bipolar disorder adalah penyakit yang menyerang suasana hati seseorang, misalnya orang tersebut memiliki suasana hati yang sangat baik namun tiba-tiba suasana hatinya tersebut berubah secara drastis.

Bipolar disorder sendiri terbagi menjadi dua fase, fase yang pertama adalah fase naik dan ada fase yang turun, fase naik sering di sebut fase mania sedangkan fase turun sering di sebut depresi.

Pada saat penderita bipolar disorder berada di fase mania atau naik, suasana hatinya akan sangat bahagia dan ceria, namun ketika fase tersebut sudah memasuki fase depresi hal tersebut akan hilang.

pada saat memasuki fase depresi orang yang yang menderita penyakit bipolar disorder akan mengalami perubahan suasana hati yang drastis, yang asalnya ceria dan gembira akan berubah menjadi terlihat sangat sedih.

Ketika memasuki fase depresi penderita bipolar akan merasa sedih, kecewa, murung dan kadang menangis. Namun meskipun begitu penderita bipolar disorder akan merasakan fase normal seperti orang biasa, namun ketika penyakit tersebut kambuh semua akan berubah dengan drastis.

Penyebab Ganguan Disorder

Penyebab dari penyakit bipolar disorder sendiri masih belum pasti, banyak peneliti yang beranggapan penyakit bipolar disorder di akibatkan oleh faktor genetik dan keturunan. Namun banyak penyakit bipolar disorder banyak keterkaitan dengan beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab bipolar disorder, salah satu penyebab tersebut adalah stres.

Stres memang sering menjadi penyebab dari berbagai macam penyakit, untuk masalah penyakit bipolar disorder ada sedikit keterkaitan karena berhubungan dengan mental si penderita.  Penyebab lain dari penyakit bipolar disorder ini adalah trauma, trauma tersebut dapat menjadi penyebab penyakit bipolar disorder karena ada keterkaitan dengan mental si penderita.

Ada beberapa kasus yang di temukan beberapa dari para penderita penyakit bipolar disorder ini memiliki latar belakang yang buruk, misalnya anak yang menjadi korban perceraian orang tua atau orang yang terkena pelecehan seksual. Bagi sebagian orang hal tersebut dapat memberikan trauma yang sangat mendalam, sehingga tidak sedikit dari mereka yang terkena penyakit bipolar disorder yang di akibatkan oleh hal tersebut.

Diagnosis Penyakit Bipolar Disorder

Perlu dokter khusus dan ahli psikologis untuk medeteksi seseorang mengidap penyakit ini, karena penyakit ini cukup rumit dan memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan penyakit gangguan jiwa. Maka tidak heran banyak orang yang menyimpulkan bahwa orang yang terkena penyakit ini sering di sebut orang dengan gangguan jiwa, namun sebenarnya hal tersebut keliru dan salah besar.

Tanda-tanda Seseorang Terkena Penyakit Bipolar Disorder

Karena terbagi menjadi dua fase, kita akan membahas fase naik  terlebih dahulu tanda-tandanya di antara lain adalah:

• Terlihat lebih bahagia dan sangat ceria.
  • Lebih merasa sensitif dan sangat mudah tersinggung.
  • Nafsu makan lebih besar sehingga menjadi sering makan.
  • Pola tidur terganggu.
  • Bersikap lebih gegabah dan sering mengambil resiko.
  • Berbicara dengan sangat cepat dan sering mengubah topik pembicaraan.
  • Tidak memiliki sifat untuk memutuskan suatu keputusan.
  • Sering mendengar hal-hal yang hanya dapat terdengar oleh dirinya sendiri.

Sedangkan tanda-tanda yang terjadi pada saat fase menurun antara lain:

• Merasa menjadi orang paling sedih sedunia dan seperti kehilangan harapan.
  • Tidak tertarik melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Tidak nafsu makan.
  • Mudah mengantuk dan tertidur.
  • Lebih sensitif dan sangat minder.
  • Sangat sulit untuk berkonsentrasi
  • Memiliki pemikiran sempit dan sering berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Untuk pengobatan sendiri penderita penyakit bipolar disorder dapat ditangani oleh beberapa metode, seperti terapi, berkonsultasi, dukungan keluarga dan orang terdekat atau berobat ke rumah sakit. Nah tulah sedikit penjelasan tentang penyakit bipolar disorder, jika kamu memiliki teman atau saudara yang mengalami hal tersebut cobalah untuk memberikan dukungan yang lebih. Sehingga lamat laun penderita penyakit bipolar disorder akan sembuh.