Paket Data Internet
Paket Data Internet

Drelinani.com, Kehadiran smartphone LTE yang mendukung jaringan tersebut membuat provider gencar menelurkan paket internet yang dibagi per jaringan. Bagi pengguna smartphone yang sudah 4G tentu bukan masalah karena harga paketan data untuk jaringan tersebut cenderung murah.

Namun bagaimana dengan pengguna smartphone di jaringan 2G dan 3G? kalaupun harus upgrade smartphone ke yang baru tentu terbayang berapa modal yang musti digelontorkan, apalagi smartphone 4G masih didominasi kelas menengah ke atas.

Paket Internet
Paket Internet

Beberapa waktu lalu salah satu provider terkemuka di tanah air mengalami tindak peretasan sebagai salah satu wujud upaya protes. Mengenai pembagian paketan data yang dipecah menjadi 2G/3G/4G sehingga membuat pelanggan harus keluar uang lebih banyak.

Namun hasilnya tetap boros, maka melalui tindakan tersebut pihak provider kemudian menyediakan paketan internet untuk semua jaringan. Bahkan dibuat pula yang bisa dipakai 24 jam tanpa perlu dibagi antara jam siang maupun petang.

Paket Data
Paket Data

Supaya Kuota Smartphone Lebih Irit

Kebijakan baru ini tentu menjadi kabar gembira, namun untuk menangani masalah kuota yang boros sebenarnya tidak harus menjadi peretas dulu. Ada sekian tindakan yang membuat smartphone Kamu irit kuota, berikut beberapa pilihannya:

  1. Mematikan fitur sinkronisasi

Semua smartphone, terutama yang sudah mendukung jaringan LTE, memiliki kemampuan sinkronisasi. Sehingga update aplikasi dilakukan secara otomatis dan notifikasi di semua aplikasi akan ditampilkan melalui pop up. Baiknya matikan fitur ini supaya kuota internet tidak gampang habis.

  1. Instal aplikasi yang konsumsi kuotanya hemat

Pilihan aplikasi untuk smartphone sangatlah banyak, sebanyak pilihan baju di sebuah situs belanja online terkemuka. Aplikasi ini ternyata tidak hanya dibagi ke dalam kelas gratisan dan berbayar saja melainkan juga dibagi ke dalam jenis irit paket internet atau malah boros. Instal aplikasi yang mendukung kegiatan menghemat kuota internet, dijamin pilihannya sangat banyak. Contoh sederhana adalah aplikasi Facebook, jauh lebih hemat memakai Facebook Lite ketimbang yang biasa.

  1. Gunakan browser yang cenderung irit kuota

Selain urusan aplikasi sepertinya upaya untuk menghemat kuota internet akan kurang sempurna kalau sembarangan memakai browser. Browser merupakan aplikasi yang umumnya sudah menjadi bawaan pabrik, namun bisa pula memilih menginstal sendiri untuk mencari yang kuotanya paling irit.

Paling dianjurkan adalah memakai browser Chrome maupun Opera Mini, apabila browser bawaan smartphone adalah yang lain bisa di-force stop dan instal salah satu browser yang disebutkan tadi.

  1. Aktifkan kuota internet jika memang diperlukan

Usaha paling ekstrim namun juga paling mudah membatasi pemakaian kuota internet di smartphone adalah mematikan paketan data. Namun diaktifkan kembali ketika memang dibutuhkan, sebab smartphone didesain mengkonsumsi kuota internet meskipun sedang didiamkan.

Alias tidak digunakan karena memang terhubung 24 jam dengan internet, yang memudahkan beragam kegiatan bersama perangkat tersebut. Namun kalau sudah mengeluh paketan data cepat tandas tinggal di-on off sesuai kebutuhan.

  1. Manfaatkan jaringan WiFi gratisan

Tidak menutup kemungkinan dalam rutinitas harian Kamu akan bertemu dengan area yang memberikan internet gratis dalam bentuk WiFi. Contoh sederhananya adalah di kantor, baiknya tidak disia-siakan dan digunakan untuk menyambungkan smartphone ke internet.

Apabila peraturan dari kantor tidak mendukung tinggal kunjungi tempat makan, mall, kampus, minimarket, atau mungkin area khusus WiFi gratis lainnya. Bagi yang tinggal di kota besar tidak akan sulit menemukan tempat-tempat publik yang menyediakan paket internet gratisan dalam bentuk WiFi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here